Top Menu

Apa itu HTML, PHP, MySQL, Apache, phpMyAdmin ?


1. HTML
HTML(Hyper Text Markup Language) adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna.  
Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya.

2. PHP
PHP adalah bahasa server-side scripting yang didesain khusus untuk web. Pada halaman HTML anda dapat menempelkan(embed) kode PHP. Kode PHP dieksekusi di sisi server bukan di komputer klien. Dan hasil yang ditampilkan adalah kode HTML. 
PHP merupakan hasil kerja seorang bernama Rasmus Lerdorf pada 1995. Namun kemudian PHP berkembang dan tidak hanya merupakan proyek pribadi Rasmus. PHP ditulis ulang dan dengan banyak menambahkan fungsi-fungsi baru oleh Zeev Suraski dan Andi Gutmants (disingkat Zend) dan lahirlah PHP 3 pada 1998. 
PHP masih terus dikembangkan, pada tahun 2002 PHP hadir dengan versi ke 4. PHP 4 dilengkapi dengan Zend Engine dan mengalami banyak peningkatan performa. Dan yang paling akhir pada tahun 2005 PHP 5 hadir dengan dukungan Zend Engine 2. Banyak fitur baru khususnya pada OOP(Object Oriented Programming) dan XML.


3. MySQL 
MySQL adalah program relational database management system (RDMS) yang bersifat free dan open source. MySQL sangat cepat, gratis, mudah dikonfigurasi, mudah dipelajari dan tersedia source codenya. Itulah beberapa kelebihan utama dari MySQL dibanding RDMS komersial yang ada. MySQL menggunakan SQL (Structured Query Language) yang merupakan standar global dalam management dabatase.

4. Apache 
Apache adalah HTTP web server yang bersifat free dan open source. Oleh karena itu penggunaannya biasanya dibarengkan dengan PHP dan MySQL.  
Denga apache komputer kita seolah-olah menjadi sebuah server yang menangai request dari klien.


5. phpMyAdmin 
phpMyAdmin adalah kumpulan script PHP yang dijalankan pada browser yang fungsinya untuk administrasi database MySQL. Dengan menggunakan phpMyAdmin kita lebih mudah dalam melakukan manipulasi database karena phpMyAdmin menyediakan user interface yang baik.  

Posting Komentar

Copyright © Alfi Gusman | 2012